Tambirejo Adakan Pelatihan Pembuatan Buket

  • Jun 28, 2024
  • Admin Tambirejo

Tambirejo-Grobogan (28-06-2024) Desa adalah masa depan. Desa yang cerdas adalah desa yang mengikuti perkembangan zaman dan mampu mandiri namun tetap menjunjung tinggi nilai kebersamaan, gotong-royong dan spritualisme yang menjadi kekuatan nilai local. Untuk mewujudkan  desa cerdas (smart village ) ini yang terdekat atau yang sesuai adalah mengacu pada konsep smart city, yaitu teori Cohen menyebutkan bahwa kota cerdas diidentifikasikan pada 6 (enam) dimensi. Menurut Cohen dimensi pertama yang ada pada smart village yaitu dimensi smart government mengacu pada prinsip good governance. Kunci utama pemerintahan yang cerdas bertujuan untuk mengurangi kesenjangan di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan adalah tidak hanya memeratakan pembangunan fisik di setiap daerah, tetapi juga peningkatan profesionalisme kinerja aparatur yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat dengan didukung oleh kecanggihan teknologi. Sedangkan dimensi yang lainnya adalah smart economy (ekonomi cerdas), smart society (kehidupan sosial cerdas), smart mobility (mobilitas cerdas), smart environment (lingkungan cerdas), dan quality of live (hidup berkualitas).

Salah satu dimensi desa cerdas pada hari ini telah dilakukan yaitu smart economy (ekonomi cerdas). Desa Tambirejo melaksanakan pelatihan pembuatan buket kepada para remaja putri maupun ibu- ibu muda. Kenapa dipilih pelatihan pembuatan buket? Saat ini kita harus cerdas membaca peluang yang bisa ditangkap dan dikembangkan yang bisa menghasilkan pundi- pundi uang. Sekarang sedang maraknya setiap acara formal maupun non formal dengan macam pemberian hadiah yang dikemas dalam bentuk buket. Setiap acara pelepasan siswa, wisuda, perkawinan dan banyak acara lain banyak hadiah dikemas dalam bentuk buket. Jadi tidak salah kalau Pemerintah Desa Tambirejo melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan buket.

Pelatihan yang dibiayai  dari Kementerian Desa ini yang diselengarakan di aula pertemuan desa yang dijadikan sebagai Fasilitas Ruang Komunitas Desa Cerdas  dan diikuti 30 orang remaja dan ibu – ibu muda. Acara dihadiri oleh Kepala Desa Tambirejo Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos, Duta Digital Kabupaten Grobogan Mbak Milati Azca, S. Pd. I. dan dipandu oleh Kader Digital Retnowati, SE. Sedangkan instruktur  pelatihan adalah Mbak Agnes Evira dari Purwodadi.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB berakhir pada pukul 11.00 WIB, dan setiap kelompok berhasil membuat sebuah buket yang sudah layak untuk dipasarkan. Di akhir pelatihan diadakan season foto bersama. Semoga semuanya mendapatkan ridha Allah SWT dan  pelatihan ini bisa menumbuhkan wirausaha- wirausaha muda yang bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Aamiin (shp )