Tambirejo- Grobogan, ( 04-04-2020) Guna mewujudkan  masyarakat  yang  siap siaga terhadap Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan terkoordinasinya setiap upaya penanggulangan Covid berbasis masyarakat di Desa Tambirejo telah dibentuk Tim Relawan Tanggap Melawan COVID-19 pada tanggal 31 Maret 2020. Tim yang diketuai langsung oleh Kepala Desa Tambirejo Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos, dengan wakil ketua adala Ketua BPD Tambirejo, Agus Sumaryono dengan anggota dari unsur Perangkat Desa, BPD, Bidan Desa, PKK, Tomas, Toga, Karang Taruna, KPMD danu unsur lainnya yang ada di Desa Tambirejo.  Tim dibentuk dengan Keputusan Kepala Desa Tambirejo Nomor 412.2/Kep./10/III/2020.

Tugas Tim Relawan Desa Tanggap Melawan COVID-19 adalah :

  1. Melakukan pencegahan melalui langkah-langkah sebagai berikut:
  2. Melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait dengan COVID-19
  3. Mendata penduduk rentan sakit, seperti orang  tua, balita, serta orang memiliki penyakit menahun, penyakit tetap dan penyakit kronis lainnya.
  4. Mengidentifikasi fasilitas-fasilitas desa yang bias dijadikan sebagai ruang isolasi.
  5. Melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) di tempat umum seperti balai desa.
  6. Menyediakan alat kesehatan untuk deteksi dini perlindungan, serta pencegahan penyebaran wabah dan penularan COVID-19.
  7. Menyediakan informasi penting terkait      dengan penanganan COVID-19,  seperti nomor  telepon rumah sakit    rujukan,  nomor telepon ambulan dan  lain-lain.
  8. Melakukan deteksi dini penyebaran COVID-19, dengan memantau pergerakan masyarakat melalui:
    1. Pencatatan tamu yang masuk ke desa;
    2. Pencatatan keluar masuknya warga desa setempat ke daerah lain; Pendataan warga desa yang baru datang dari rantau,     seperti buruh migran atau warga yang bekerja di  kota-kota    besar; dan
    3. Pemantauan perkembangan Orang dalam Pantauan (ODP) dan Pasien dalam Pantauan (PDP)COVID-19.
  9. Memastikan tidak ada kegiatan warga berkumpul dan/ atau kerumuman banyak orang, seperti pengajian, pernikahan, tontonan atau hiburan massa, dan hajatan atau kegiatan   serupa lainnya
  10. Melakukan penanganan terhadap warga desa korban COVID-19 melalui langkah-langkah sebagai  berikut:
    1. Bekerja sama dengan rumah sakit rujukan atau puskesmas setempat.
    2. Penyiapan ruang isolasi di desa.
    3. Merekomendasikan kepada warga yang pulang dari daerah terdampak COVID-19 untuk melakukan isolasi diri.
    4. Membantu menyiapkan logistik kepada warga yang masuk ruang isolasi.
    5. Menghubungi petugas medis dan/ atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk langkah atau tindak lanjut berikutnya terhadap warga yang masuk ruang isolasi.
    6. Senantiasa melakukan koordinasi secara intensif dengan Pemerintah Kabupaten c.q Dinas Kesehatan dan/ atau Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa serta BPBD.

Adapun sumber pembiayaan untuk kegiatan tim tersebut dari segala sumber yang ada baik dari APBDes, APBD, APBN maupun swadaya masyarakat. Tim terbetuk langsung bekerja melaksanaakan tahap awal yangmenjadi tugasnya, salah satunga adalah pendataan warga pendatang dan sosialisasi keliling tentang covid 19.

Dan hari ini tim mengadakan gerakan bersama melakukan penyemprotan masal di semua rumah warga masyarakat dan fasilitas umum yang ada di Desa Tambirejo. Setiap dusun digawangi langsung oleh Kepala Dusun dan Ketua Karang Taruna masing- masing. Kepala Dusun dengan di bantu Ketua Karang Taruna memberikan pengarahan kepada pasukan, tentang arah dan srategi penyerangan . Pasukan penyemprot yang terdiri dari para anak muda karang taruna selalu sigap dan siap melaksanakan tugas. Mereka mulai  meracik bahan untuk disenfektan, mengisi tangki , memanggul dan  bergerak rancak bersama, mendatangi satu persatu rumah warga untuk menyemprotkan disenfekan. Tim relawan pada hari ini bergerak serentak bersama di semua dusun yang ada di Desa Tambirejo. Pasukan di Dusun Tambirejo dikomandani Mas Tarwadi dan Mas Hendra, Pasukan Dusun Grogol di bawah komando Mas Alif, Pasukan Dusun Sanggeh oleh Mas Safriyan, Pasukan Dusun Pucang Selatan oleh Mas Bambang, Pasukan Dusun Mangunrejo oleh Mas Sudarmin dan Mbak Aminah, Pasukan Dusun Sendangsari oleh Mas Ustadz Sudarwanto, Pasukan Dusun Jetis oleh Mbak Santi dan Mas Adit , sedangkan  Pasukan Dusun Kepuh di bawah komando Mas Dode Dede Widodo dan Mas Imam Adik Putra. Kegiatan penyemprotan berlangsung sampai siang hari, meskipun capek pasukan tetap semangat dan bergembira karena bisa membantu negara untuk mencegah penularan pandemi corona.

Semoga virus corona lekas hengkang dari bumi mayapada, dan semua diberikan  kesembuhan dan kesehatan dan kebaikan dunia akherat  oleh Allah swt. Terima kasih untuk semua tim relawan dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan pencegahan covid 19, semoga semuanya mendapatkan ridha Allah swt. aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *