Tambirejo-Grobogan ( 06-03-2020). Cantik!…. itulah yang terucap ibu ibu anggota arisan PKK Tambirejo, yang hari ini sedang melaksanakan arisan rutin PKK pada setiap tanggal 6, yang dilaksanakan secara bergilir di rumah anggota PKK Desa Tambirejo. Arisan tersebut bisa menjadikan sarana untuk bersilahturahmi antar anggota, yang bisa mempererat rasa kebersamaan dalam kelompok PKK Tambirejo. Untuk bulan ini arisan bertempat di rumah Ibu Parjiyem Dusun Mangunrejo, yang dihadiri seluruh Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo beserta anggota PKK yang tersebar di 9 ( sembilan ) dusun yang ada di Tambirejo.

Kali ini dalam acara arisan tersebut diadakan  pelatihan bersama daur ulang plastik. Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari l Pelatihan PKK tingkat Kabupaten Grobogan yang diikuti perwakilan PKK dari 19 (sembilan belas) kecamatan yang ada di Kabupaten Grobogan.  Pelatihan tingkat kabupaten yang diselenggarakan pada tanggal  21 Februari 2020 yang bertempat di gedung Riptaloka Setda Grobogan  , untuk kecamatan Toroh diwakili dari Tim Penggerak PKK Tambirejo dan yang berangkat adalah Ibu Aminah dan Ibu Kustinah. Hasil pelatihan harus ditularkan kepada PKK desa lainnya di kecamatannya masing- masing.

Dalam kesempatan pertama sebelum ditularkan kepada Tim Penggerak PKK Desa lainnya , Ibu Kustinah beserta Ibu Aminah langsung menularkan ilmunya kepada anggota PKK Tambirejo. Dalam pelatihan di Dusun Mangunrejo tersebut Ibu Kustinah bersama Ibu Aminah langsung praktek pembuatan bros dari botol aqua bekas dan bunga dari kresek bekas. Ibu-ibu sangat antusias untuk menyimak dan memperhatikan  pembuatan bros dan bunga, detik demi detik, menit demi menit dan akhirnya jadilah bros cantik dan bunga cantik.

Dengan bahan dan alat yang telah disediakan, satu persatu peserta arisan mulai mempraktekkan apa yang dilihat tadi, dengan hati- hati ibu- ibu memotong botol aqua bekas, membentuk lembar demi lembar kelopak bunga, merekatkan satu persatu kelopak dan mengecat dengan glitter, agar menjadi warna- warni , jadilah sebuah bros dan setangkai bunga cantik.  Ibu- ibu kegirangan dengan hasil kreasinya,  bros yang telah dibuat langsung dipakai untuk mempercantik jilbab yang dipakai. Acara berfoto ria pun tidak ketinggalan, acara foto merupakan hal yang wajib dilakukan, dengan menggunakan smartphone langsung cekrak – cekrek jadilah foto- foto cantik, yang langsung menghiasi status medsos mereka.

Itulah sekilas kegiatan sore hari ini, ternyata barang bekas bisa di daur ulang menjadi barang yang bernilai seni bahkan bisa menghasilkan uang yang bisa turut membantu kebutuhan rumah tangga. Di Tambirejo sendiri sebenarnya sudah terbentuk komunitas pengelolaan sampah yang tergabung dalam bank sampah, namun belum pernah admin unggah dalam tulisan. Mungkin dilain kesempatan akan kami unggah tulisan mengenai bank sampah yang lebih spesifik yang ada di Desa Tambirejo. Semoga semua mendapatkan ridha Allah swt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *