Pilkades serentak Kabupaten Grobogan telah berlalu, ya tepatnya pada hari Kamis Legi  tanggal 22 November 2018 telah dilaksanakan di 222 Desa di Kabupaten Grobogan. Salah satunya adalah Desa Tambirejo Kecamatan Toroh juga turut serta dalam putaran Pilkades serentak tersebut. Pilkades Tambirejo dikuti 2 peserta, incumbent Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos, ( Aan) dan  Pujo Harijono ( Harno ) sebagai penantangnya. Pilkades yang dibuka oleh Ketua Panitia Pilkades  W. Sarjo tepat pada pukul 08.00 WIB dengan jumlah pemilih di DPT 6315 jiwa yang tersebar dalam 11 TPS. Adapun  jumlah personil Pokja Pemungutan dan Penghitungan Suara per TPS sebanyak 7 orang. Telah berjalan lancar dan aman sampai dengan akhir dengan jumlah kehadiran pemilih sebanyak 78,5 % ( 4961 ) orang, dengan hasil perolehan suara sbb :

  1. Calon Kades Yakub Raras Puspitanianto, S. Sos. sebanyak : 3996 suara
  2. Calon Kades Pujo Harijono sebanyak : 938 suara
  3. Suara tidak sah sebanyak : 27 suara

Dengan demikian Calon Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos. ditetapkan panitia sebagai Calon Kepala Desa Terpilih pada Pilkades Tambirejo untuk Peride Tahun 2019- 2025.

Bagi Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos.( Aan) Pilkades pada tahun 2018 ini merupakan Pilkades yang ketiga kalinya dan selalu menang dalam dua periode sebelumnya.  Yang pertama pada Pilkades tahun 2007 yang dikuti 4 calon kades mendapatkan suara 2002, dan pada Pilkades 2013 merupakan Pilkades paling mudah bagi Aan, karena tidak ada pesaingnya, sehingga untuk Pilkades tersebut guna memenuhi persyaratan akhirnya didampingi bibinya dan Aan  memperoleh  4059 suara. Sesuai dengan ketentuan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa , Pasal 39 ayat (2) menyebutkan bahwa “  Kepala Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menjabat paling banyak 3 (tiga) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut”,  jadi tahun 2018 ini merupakan Pilkades terakhir bagi Aan. Mungkin karena merupakan Pilkades bagi Aan,  warga masyarakat Tambirejo (pendukung) ingin membuat sesuatu yang berbeda. Maka pada akhir penghitungan suara setelah tahu bahwa Aan memenangkan Pilkades 2018 langsung diiring dan dinaikkan tandu yang sudah disiapkan. Tidak hanya Aan yang dinaikkan tandu tapi  istrinya Ari Wardhani, SE juga. Dalam perjalanannya menuju rumah Kepala Desa sangat ramai dan bergembira dengan iringan warga masayarakat Tambirejo yang memenuhi jalan raya. iringan tersebut menandai bahwa masyarakat Desa Tambirejo sangat menyanyangi Kepala Desanya, yang selama ini telah bekerja dengan amanah , banyak menorehkan keberhasilan untuk membawa Tambirejo Gemah Ripah Loh Jinawi Tata Tentrem Karta Raharja mendukung Grobogan hebat. Semoga semuanya mendapatkan ridha Allah swt . (shp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *