Tambirejo-Grobogan (16-03-2021).  Matahari baru muncul di ufuk timur, namun Bidan desa Tri Yatmi, S.Keb dan Perawat desa  Endang Listyowati, S.Kep, sudah basah kuyub dengan keringat. Mereka berdua dibantu dengan penjaga desa sejak pagi telah mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk kegiatan vaksinasi covid 19 untuk lansia Desa Tambirejo. Tidak hanya pagi tadi tapi sudah semalam mereka melakukan hal tersebut.  Kegiatan vaksinasi ini, banyak hal yang harus disiapkan dari meja pelayanan, kursi duduk, bilik, tempat cuci tangan, lokasi yang harus bersih , steril serta terbuka, layanan internet dan jaringan listrik semua harus ada. Bidan dan perawat desa berjibaku dengan dibantu oleh aparatur desa, untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan vaksinasi.  Tak hanya aparatur desa tapi juga harus dibantu Ketua RT, RW dan Tomas  yang ada di Desa Tambirejo.

Pelaksanaan vaksinasi covid 19 untuk lansia di Desa Tambirejo, dimulai pukul 08.00 WIB, dengan dihadiri lansung oleh Kepala Puskesmas Toroh 1 dr. Wiwik Wibawa. Kepala Desa Tambirejo sejak awal juga sudah menyiapkan diri di lokasi kegiatan. Satu per satu warga lansia dari Dusun Kepuh datang dan mendapatkan layanan vaksinasi covid 19. Kedatangan warga lansia ada yang diantar anak atau cucu ada pula yang diantar oleh ketua RT mereka, karena mereka ada yang tidak punya sanak saudara yang dekat rumah, sehingga Pak RT lah yang mengantar. Melihat rasa kepedulian sesama warga memang membuat bahagia, ternyata rasa kepedulian masih menjadi budaya hidup yang berlaku di desa.

Sampai pukul  12.00 WIB kehadiran lansia ternyata baru 80 ( delapan puluh ) orang, hal ini tidak sesuai dengan rencana awal yang mana setiap harinya harus dapat melayani 100 ( seratus ) orang. Kendala ini menjadi bahan kajian, mengapa hal ini bisa terjadi?  Mungkin ada hal yang belum pas dalam sosialisasi , sehingga warga lansia belum hadir pada kegiatan vaksinasi covid 19. Dengan kejadian hari ini segenap stake holder Desa Tambirejo harus lebih giat agar kehadiran warga lansia bisa mencapai target. Mudah- mudahan di hari kedua besuk kegiatan vaksinasi bisa berjalan sesuai rencana.  Sehingga program pemerintah dapat sukses dan covid 19 dengan ridha Allah swt, segera hilang dari maya pada ini. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *