Jam di layar android menunjukan 09.50. WIB hari hari Jum’at , 2 Februari 2018, ibu – ibu anggota kelompok Hidroponik Mukti Rahayu Tambirejo, bergembira – ria,  ya ibu – ibu bergembira karena hasil jerih payahnya sejak bulan November 2018, pada hari ini di kunjungi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Grobogan, Drs. Sanyoto, MM.  Sejak bulan tersebut anggota Kelompok Hidroponik Mukti Rahayu Tambirejo setelah mendapatkan pelatihan dari Kemendesa melalui BBLM Yogyakarta telah berusaha semaksimal untuk  mengimplentasikan hasil pelatihan tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dispermades Kab. Grobogan melakukan sambung rasa dengan anggota kelompok, melalui ketua Kelompok Hidroponik Mukti Rahayu Tambirejo,  Kustinah menyampaikan bahwa hasil panen Kelompok Hidroponik Mukti Rahayu Tambirejo sudah dipasarkan di salah satu swalayan di kota Purwodadi, namun belum bisa merambah ke toko modern dan pedagang lainnya. Hal ini karena keterbatasan hasil panen hanya cukup untuk mensuplai satu toko. Dengan sarana prasarana hidroponik yang tersedia saat ini,   hasil panennya masih sedikit, meskipun dari Pemerintah Desa Tambirejo juga sudah membantu untuk melengkapi beberapa kekurangan prasarana hidroponik hasil bantuan Kemendesa tersebut. Drs. Sanyoto, MM dalam sambung rasa tersebut menyampaikan bahwa hasil hidroponik, Kelompok Mukti Rahayu ini bisa diviralkan melalui jejaring sosial dan media yang ada,  yang akhirnya bisa menjadi ikon Desa Tambirejo.  Awalnya memang butuh biaya namun nantinya akan dipetik keuntungannya, karena di Kabupaten Grobogan baru Desa Tambirejo yang mempunyai kelompok hidroponik, dan hasilnya sudah dipasarkan ke toko modern. Untuk meningkatkan hasil produksi bisa dianggarkan dari Pemerintah Desa untuk membantu sarpras hidroponik. Dan nanti bisa dikemas menjadi sebuah acara  yang terintergrasi dengan potensi yang ada di Desa Tambirejo. Di Desa Tambirejo banyak potensi yang bisa dikembangkan seperti obyek wisata waduk Sanggeh dengan Bumi Perkemahan Kala Cakra, Waduk Gambringan, Embung Desa, kuliner Nasi Pecel Gambringan, sale pisang goreng dll. Menanggapi hal tersebut Kepala Desa Tambirejo, Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos, menyampaikan bahwa Pemerintah Desa Tambirejo mulai tahun 2019 ini sudah merencanakan mengalokasikan dana untuk penyediaan sarpras hidroponik. Sehingga nanti ibu- ibu kelompok bisa meningkatkan hasil produksi sayuran hidroponik, selain hal tersebut untuk saat ini Pemerintah Desa juga mengembangkan taman desa, yang nantinya akan dikelola anak anak muda Desa Tambirejo. Dalam kesempatan tersebut Drs. Sanyoto, MM juga turut mencoba turut mengemas sayuran hidroponik menjadi paket per pak seberat 250 gram. Adapun Sayuran hidroponik yang dibudidayakan diantaranya adalah : sawi sendok ( pokcay), bayam hijau, bayam merah dan kangkung. Saat ini yang tersedia tinggal sawi sendok dan bayam hijau, yang lain masih tahap pembibitan.

Semoga dengan adanya kunjungan Kepala Dispemades Kabupaten ini bisa memacu semangat anggota Kelompok Hidroponik Mukti Rahayu Tambirejo, untuk terus berkarya mengembangkan usahanya, sehingga nantinya dapat meningkatan kesejahteraan bagi anggota dan masyarakat. Semoga semuanya mendapatkan ridha Allah, swt. ( shp ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *