Masa kehamilan adalah masa – masa yang paling mengesankan bagi seorang wanita. Apalagi bagi pasangan yang telah lama menantikan kelahiran sang buah hati. Tentu ada perasaan yang luar biasa bagi mereka. Dan tentunya  semua ibu hamil menginginkan bayi dan kondisi kandungan yang sehat dan kuat, tanpa ada kekurangan apapun. Dalam rangka hal tersebut Pemerintah Desa Tambirejo melalui Bidan Desa di Poliklinik Kesehatan Desa telah mengagendakan kegiatan untuk mendukung kesehatan BUMIL ( Ibu hamil ), melalui KELAS IBU HAMIL. Adapun tujuannya dari kelas bumil seperti apa yang disampaikan Bidan Triyatmi, S.Keb., diantaranya adalah :

  1. Untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang kehamilan, persalinan, nifas dan perawatan bayi baru lahir;
  2. Untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang deteksi resiko tinggi IBU HAMIL
  3. Untuk meningkatkan ketrampilan ibu dalam merawat bayi.

Bidan Triyatmi, S.Keb. selaku koordinator PKD Tambirejo pada setiap tahunnya selalu berkoordinasi dengan Kepala Desa Tambirejo Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos., maupun FKD ( Forum Kesehatan Desa ) untuk mengagendakan kegiatan tersebut. Kegiatan Kelas Bumil  dilaksanakan pada tanggal 15 ( lima belas ) setiap bulannya. Dalam kegiatan tersebut biasanya diikuti kurang lebih 16 orang bumil, yang usia kandungannya di atas 5 bulan. Karena kalau masih di bawah lima bulan masih rawan kandungannya. Dan pada tahun 2019 ini estimasi jumlah ibu hamil Desa Tambirejo kurang lebih ada 53 ibu hamil.

Dalam kegiatan kelas ibu hamil tersebut selain kegiatan senam juga disampaikan beberapa materi di antaranya :

  1. Tanda- tanda kehamilan, perawatan kehamilan dan diteksi resiko tinggi ibu hamil;
  2. Persiapan persalinan, tanda- tanda persalinan, perawatan nifas dan bayi yang baru lahir;
  3. KB, imunisasi, penyakit menular dan HIV AIDS.

sebagai instrukstur kegiatan kelas ibu hamil adalah Bidan Desa Tambirejo, yaitu Bidan  Triyatmi  dan Bidan Indah Cahyani serta dibantu seorang perawat , yaitu Endang Listiyowati. Pada  akhir kegiatan kelas bumil biasanya diadakan acara makan bersama- sama, yang konsumsinya sudah disediakan penyelenggara. Semoga semuanya mendapatkan ridha dari Allah swt. ( shp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *