Eenaak ….!

Itulah komentar ibu- ibu peserta arisan PKK Dusun Sendangsari Desa Tambirejo,  ya hari ini Selasa, 5 Februari 2019 mulai pukul 14.00, mahasiswa  KKN TIM I UNDIP Semarang  yang terdiri dari 9 ( sembilan ) siswa. Telah mengadakan kegiatan Pelatihan pengolahan limbah kulit pisang bagi ibu- ibu anggota PKK Desa Tambirejo, yang berada di Dusun Sendangsari Desa Tambirejo. KKN yang dimulai tanggal 7 Januari dan akan berakhir pada tanggal 19 Februari 2019, banyak kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mereka, salah satunya adalah Pelatihan pengolahan limbah kulit pisang.

Sebelum melaksanakan pelatihan mahasiswa terlebih dahulu melaksanakan survai tentang keberadaan UKM yang ada di Dusun Sendangsari, yang mana di Dusun Sendangsari saat ini terdapat 26 keluarga pembuat sale pisang goreng. Dengan banyak keluarga yang mengolah olahan pisang tersebut tentunya juga banyak meninggalkan  limbah kulit pisang. Limbah kulit pisang selama ini hanya digunakan untuk makanan ternak, namun di tangan mahasiswa KKN Undip bisa yang bisa diolah menjadi  Masker Organik Kulit Pisang,Nugget Kulit Pisang dan Kopi Kulit Pisang, yang tentunya mempunyai derajat nilai ekonomis yang lebih tinggi dibanding hanya untuk pakan ternak.  Dalam acara pelatihan tersebut selain dihadiri ibu- ibi PKK, juga dihadiri Perangkat Desa, Ketua RW, Ketua Gapoktan Sedya Utomo dan Dosen Pendamping KKN Tim I Tahun 2019 Universitas Diponegoro.  Dosen pendamping diketuai Ibu Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si. dalam sambutannya   menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Tambirejo beserta warganya yang telah berkenan menerima dengan baik mahasiswanya, dan berharap agar pelatihan pengolahan limbah kulit pisang ini bisa meningkatkan nilai ekonomisnya, yang biasanya hanya digunakan sebagai makanan ternak, sekarang bisa diolah menjadi produk yang bermanfaat.  Selain sambutan oleh Dosen Pembimbing juga ada sambutan oleh Kepala Desa Tambirejo, yang kali ini diwakilkan kepada Sekretari Desa Tambirejo yaitu Sarah, dalam sambutannya Sekretaris Desa Tambirejo menyampaikan tentang potensi yang ada di Desa Tambirejo dan ucapan terima kasih kepada UNDIP yang telah menerjunkan mahasiswanya untuk KKN di Desa Tambirejo, untuk   memberikan sumbang sih  nyata kepada Desa Tambirejo dan warganya berupa pelatihan pengolahan limbah kulit pisang yang bisa meningkatkan nilai ekonomis.

Acara di lanjutkan paparan mahasiswa dengan media audio visual, sehingga peserta bisa lebih jelas dan mudah mengerti. Selain melalui audio visual juga disebarkan leaflet yang berisi cara pengolahan limbah kulit pisang tersebut.  Tak hanya paparan sepihak namun juga dibuka forum tanya jawab dan diskusi, yang dimediatori oleh mahasiswa KKN. Banyak hal pertanyaan yang diajukan peserta, tak hanya masalah olahan limbah kulit pisang namun juga masalah yang lainnya. Bahkan disesi akhir  juga diadakan kerja sama dengan UNDIP dengan Gapoktan Sedyo Utomo Tambirejo untuk mengolah limbah bonggol pisang untuk dijadikan Pupuk Organik.

Mudah mudahan dengan pelatihan pengolahan limbah kulit pisang ini bisa diaplikasikan warga Desa  Tambirejo sehingga bisa meningkatkan kesejahteraannya, dan mendapatka ridha dari Allah swt. ( shp )

4 thoughts on “LIMBAH KULIT PISANG DITANGAN MAHASISWA KKN UNDIP BERUBAH JADI MAKANAN LEZAT”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *