Musdes Pertanggungjawaban Pelaksanaan Kegiatan Dana Desa dan Pembangunan Dana Desa Lainnya. Desa Tambirejo Tahun 2018

Hari ini Jum’at, 22 Februari 2019, sesuai Surat dari Camat Toroh tanggal 11 Februari 2019, Nomor 412.2/ 77/ II/2019, perihal Jadwal Musdes Pelaksanaan Dana Desa dan Pembangunan Desa Lainnya, Pemerintahan Desa Tambirejo mendapatkan jadwal menyelenggarakan Musdes Pertanggungjawaban Pelaksanaan Kegiatan Dana Desa APBN dan Pembangunan Dana Desa Lainnya Tahun 2018. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Tambirejo, beserta Perangkat Desanya, anggota BPD, Pengurus LPMD, KPMD, PKK, Ketua RW  dan RT dan Tokoh Masyarakat maupun perwakilan dari unsur yang lain. Selain undangan tersebuit juga dihadiri Camat Toroh dan jajarannya. Sedangkan dari Kabupaten turut hadir Tenaga Ahli Pengembangan Tehnologi Tepat Guna.  Musdes yang dilaksanakan di Balai Desa Tambirejo dan dimulai pukul 09.00. WIB ini dipimpin  Ketua BPD Tambirejo, Agus Sumaryono, dengan dimoderatori dan penata acaranya adalah Sekretaris BPD Tambirejo yaitu Supriyadi, SP.

Dalam Sambutan Ketua BPD Tambirejo menyampaikan, bahwa Penyelenggaraan Musdes Pertanggungjawaban Pelaksanaan Pembangunan Desa ini merupakan kewajiban kami untuk melaksanakannya. Dengan adanya musdes ini masyarakat desa dapat berpartisipasi menanggapi laporan , dengan memberikan masukan kepada Kepala Desa. Dilanjutkan BPD, Kepala Desa, Pelaksana kegiatan dan masyarakat Desa membahas dan menyepakati tanggapan dan masukan masyarakat tersebut guna bahan koordinasi Kepala Desa dan Pelaksana kegiatan untuk mengadakan perbaikan hasil kegiatan tersebut maupun untuk yang akan datang.  Kepala Desa Tambirejo Yakub Raras Puspitanianto, S. Sos, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Desa pada tahun 2018 sudah melaksanakan kegiatan pembangunan desa sesuai dengan prosedur yang ada dan kegiatan pembangunan sudah dapat diselesaikan sesuai perencanaan. Ada beberapa kegiatan pembangunan desa yang tidak terlaksanakan karena dana transfer Bantuan Provinsi hanya terealisasi sebagian. Mudah- mudahan pada tahun 2019 ini dana tersebut bisa terealisasi dan masuk perubahan APBDes tahun 2019. Camat Toroh , Drs. Mohamad Arifin dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pembangunan infrastruktur sudah berjalan dengan baik, namun kita perlu memikirkan potensi yang ada di Desa Tambirejo. Bagaimana agar potensi- potensi yang ada bisa bersinergi sehingga kesejahteraan masyakarakat bisa cepat tercapai. Kita lihat saat ini untuk wilayah Kabupaten Grobogan sedang panen raya padi, namun sebagian besar petani menjualnya dengan sistem tebasan, sehingga keuntungan yang di dapat hanya sedikit, yang untung tengkulaknya. Kita harus berusaha memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, misalnya dengan mendirikan lumbung desa yang bisa menampung hasil dari petani, sehingga petani bisa menikmati keuntungannya. Dari Tenaga Ahli dari kabupaten yang hadir di Musdes yaitu Tenaga Ahli Pendampingan Tehnologi Tepat Guna, Ir. Sutarto, MT , menyampaikan bahwa beliau merupakan orang baru di Grobogan, dan mendengar berita bahwa Desa Tambirejo pada tahun 2018 dikunjungi Persiden RI  Ir. H. Joko Widodo,  membuat penasaran, maka dalam acara musdes ini menyempatkan datang ke Desa Tambirejo, untuk mengetahui  Desa Tambirejo. Sebagai mana prioritas Dana Desa  yang diarahkan Bapak Presiden di antaranya adalah untuk Peningkatan Infrastruktur, Peningkatan Sumber Daya Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Lokal Desa. Untuk Peningkatan Infrastruktur desa – desa mungkin satu atau dua t tahun lagi sudah bisa terselesaikan,  kita tinggal meningkatkan SDM masyarakat di desa, agar bisa tersedia generasi yang terampil dan siap kerja dan bisa berwirausaha secara mandiri. Sedangkan  Pengembangan Ekonomi Lokal Desa kita bisa mengembangkan potensi yang ada di desa, misalnya dengan adanya UKM yang ada bisa kita integrasikan dalam pemasaran dan lainnya dengan BUMDes yang ada, dan perlu adanya inovasi – inovasi baru.

Laporan Kegiatan Pembangunan disampaikan oleh Ketua TPK Dana Desa Tambirejo, Kusyono, yang mana selama ini dalam melaksanakan kegiatan baik fisik maupun administrasi selalu didampingi oleh Pendamping Lokal Desa ( PLD ) Tambirejo, Mohamad  Isna, S.Pd. dan 3 orang Pendamping Desa  ( PD) berpengalaman di Kecamatan Toroh yang terdiri dari : Edi Karyanto, ST,  Nanang Samsul Bahri, SP dan Mohamamd Ali Imron, S.Ag.  Dalam laporan kegiatan disampaikan menggunakan LCD proyektor, sehingga peserta musdes lebih mudah menerimanya. Dimulai dari sumber dana transfer yang masuk ke rekening desa yang digunakan untuk pembangunan fisik sampai dengan foto foto kegiatan dan volume bangunan satu persatu, sampai selesai. Khusus untuk kegiatan Dana Desa dalam tabel berikut :

Capaian Realisasi Dana Desa Tahun 2018

Menginjak acara pemberian saran dan masukan masyarakat dibuka dua termin, namun peserta tak ada masukan dan saran, karena semua kegiatan sudah berjalan dan terselesaikan, sehingga langsung dilanjutkan penanda tangan berita acara Musdes dan penyerahan hasil kegiatan dari TPK kepada Kepala Desa diteruskan kepada masayarakat yang diwakili ketua BPD .

Acara selesai ditutup dengan doa. Semoga semua mendapatkan ridha Allah swt, masyarakat sejahtera lahir dan batin. Aamiin. ( shp ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *