Toroh- Grobogan (11-02-2021).  Musrenbang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan Februari . Untuk tahun 2021 ada yang ganjil dalam pelaksanaan Musrenbang, biasanya Musrenbangcam bertempat di Pendopo Kecamatan Toroh dengan mengundang perwakilan seluruh elemen yang ada di desa maupun kecamatan. Namun kali ini dalam masa pandemi covid 19,  musrenbang dilaksanakan secara virtual, undangan untuk elemen desa tetap berada di kantor desa masing- masing. Sedangkan untuk OPD terkait berada di pendopo Kecamatan Toroh, selain dari OPD juga ada dari Anggota DPRD Kabupaten Grobogan Daerah Pemilihan 1 yang mengikuti secara daring.

Acara Musrenbang dibuka dan dipandu langsung oleh Bapak Drs. Hasan Anwar. MM, selaku Pelaksana Tugas Camat Toroh , yang sehari hari bertugas sebagai Camat Penawangan. Bp. Hasan Anwar menyampaikan bahwa tema dari Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2022 adalah : Peningkatan Perekonomian Daerah Berbasis  Potensi Unggulan Di Dukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Dan Sumber Daya Manusia . Juga hadir dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Grobogan yang menyampaikan tujuan dilaksanakan musrenbang, yang salah satunya adalah untuk mengintegrasikan usulan dari masing- masing desa dengan tema musrenbang tahun 2022. Selain menyampaikan tujuan musrenbang juga memaparkan Rekapitulasi Kegiatan Pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Toroh pada tahun 2021 dengan total Rp. 9.776.538.000,- hal ini ada penurunan sebesar , 39,11 % dibanding tahun 2020 yaitu sebesar Rp. 16.055.391.000,-

Pada acara diskusi dibuka dalam empat termin, dan masing masing perwakilan peserta musrenbang menyampaikan usulan dan prioritas usulan, yang sebelumnya telah direkap oleh Tim Kecamatan pada acara pra musrenbang. Dalam kegiatan tersebut tinggal menentukan urutan usulan kegiatan dalam tiga rumpun yaitu rumpun Ekonomi, Sosial Budaya dan Prasarana Wilayah. Hasil prioritas usulan tersebut akan dibawa sebagai hahan musrenbang di tingkat Kabupaten.

Acara musrebang berakhir pada jam 14.00. WIB ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri secara bersama- sama. Semoga usulan dari Kecamatan Toroh bisa terealisasi pada tahun 2022.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *