Tambirejo-Grobogan ( 14 Maret 2020). Di tengah pandemi covid 19yang belum sirna dari mayapada, Pemerintah Desa Tambirejo tetap melaksanakan tugas dan kewajiban rutin tahunan.  Bertempat di balai Desa Tambirejo, Kepala Desa menghadirkan peserta musrenbangdes kurang lebih 50 orang. Dalam keadaan normal  seperti biasanya yang hadir lebih dari 75 orang. Namun acara hari ini dibatasi jumlah undangannya. Yang hadir adalah Tenaga Ahli Dispermades Kabupaten Grobogan Bp. Ir. Sutarto. M.Si. Camat Toroh Drs. Muhammad Arifin, Kasi Tata Pemerintahan Kec. Toroh Sugiyono. SH. , Pendamping Desa Ali Imron, S.Ag. Sedangkan dari Desa Tambirejo adalah Kepala Desa beserta jajarannya , BPD, LPMD, KPMD, Perwakilan Tim Penggerak PKK, Bidan Desa, Perwakilan RT RW dan perwakilan tomas.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan do,a. Kepala Desa Tambirejo Yakub Raras Puspitanianto, S. Sos. dalam sambutannya menyampaikan evaluasi pelaksanaan RKP Desa TA 2020 yang telah dijabarkan dalam APBDes TA 2020, namun karena pandemi covid 19, banyak kegiatan yang dibatalkan dialihkan untuk penanganan covid 19.  Semua itu dilakukan sesuai dengan instruksi dari atas ya g dijabarkan dalam perubahan APBDes TA 2020.

Drs. Muhammad Arifin selaku camat Toroh sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Tambirejo yang telah melaksanakan kegiatan pencegahan covid 19 sesuai instruksi dari atas. Pada saat ini pandemi belum selesai , kegiatan JOGO TONGGO tetap harus dijalankan.  Jangan sampai ada warga yang kekurangan bahan pangan. Untuk pelaksanaan RKP Desa 2020 Camat Toroh sangat berterimakasih kepada Pemerintah Desa Tambirejo karena telah melaksanakan saran untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan memelihara unsur hara tanah. Dengan pemberian pupuk kompos kepada petani penggarap tanah kas desa hasil sewa tersebut yang akan dilakukan secara berkesinambungan dengan sendirinya tanah di Desa Tambirejo akan terjaga kesuburannya.

Ir. Sutarto, M.Si. dalam sambutannya juga mengapresiasi kepada Pemerintah Desa Tambirejo. Setelah mencermati berkas Rancangan RKPDes Tahun 2021 ternyata belanja pembangunan non fisik dalam bidang kesehatan cukup besar di atas 40 juta rupiah.  Hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Desa sangat peduli pada kebutuhan dasar warganya dari  balita sampai lansia.

Sedangkan paparan rancangan RKPDes Tahun 2021 dilakukan oleh ketua Tim Penyusun RKPDes Tambirejo sekaligus sebagai sekretaris desa Tambirejo yaitu Bp. Sarah. disampaikan masalah rencana sumber pendanaan dan belanja selama 12 bulan . dari belanja bidang penyelenggaraan pemerintahan , pelaksanaan pembangunan , pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan penanggulangan bencana, gawat darurat dan keadaan mendesak.

Acara tanggapan peserta rapat dibuka tiga termin setiap termin ada tiga pertanyaannya, yang dipimpin langsung oleh moderator sekaligus penata acara yaitu Bp. Siswadi selaku Kepala Dusun Grogol. Pertanyaan satu persatu ditanggapi dan dijawab oleh Kepala Desa Tambirejo sampai tak ada lagi hal yang perlu dijelaskan.  Draf RKPDes Tahun 2021 dapat diterima masyarakat untuk diperbaiki guna dimintakan BPD untuk dapat disetujui dan ditetapkan menjadi Peraturan Desa Tambirejo tentang Rencana Kerja Pemerintah Desa TA 2021. Acara berakhir dengan penandatanganan  Berita Acara Musrenbangdes oleh perwakilan peseta dan Kepala Desa Tambirejo, dilanjutkan dengan makan bersama yang telah disediakan.

Semoga draf RKPDES tersebut segera dapat ditetapkan untuk menjadi acuan dalam penyusunan APBDES Tahun Anggaran 2021. admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *