Tambirejo-Grobogan (31-03-2020). Bertempat di aula Desa Tambirejo, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Grobogan mengadakan kegiatan Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2021. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Tambirejo, calon petugas pendata sebanyak 27 orang yang berasal dari Desa Tambirejo sejumlah 16 orang dan dari Desa Plosoharjo sejumlah 11 orang. Petugas pendata dari setiap desa diambilkan dari kader desa yang mempunyai kemampuan mengoperasikan smartphone, karena data dientry secara online.

“ Pendataan keluarga 2021 harus bisa mendapatkan data yang valid, penggalian data bisa dilaksanakan dengan tatap muka dengan responden, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan  dan kami selaku wakil dari Pemerintah Desa bersedia memfasilitasi kegiatan pendataan keluarga 2021”  ujar Yakub Raras Puspitanianto dalam sambutan.

Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Toroh, Bibit Lestari, SE menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan amanah dari UU No. 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan PP No. 87 tahun 2014 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga,  Keluarga Berencana dan Sistem Informasi Keluarga. Sedangkan Penyuluh KB  Sri Wahyu , SE. MM. menyampaikan materi sebagai berikut :

  • Manfaat Pendataan  untuk mendapatkan  Peta sasaran Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana dan Program Pembangunan Lainnya, Penentuan Program, Pengukuran Indikator Kinerja Utama sasaran strategis Program Bangga Kencana.

  • Tehnis  Pendataan Keluarga Berencana dilakukan dengan   Pendataan langsung dan observasi dari rumah ke rumah dan wawancara kepada Kepala Keluarga

  • Alat Pengumpulan data adlah  Formulir F/I/PK/21, Smartphone untuk Input Aplikasi Pendataan Keluarga

Acara diakhiri dengan ucapan syukur ke hadirat Tuhan YME,  semoga dari Orientasi PK’21 ini diperoleh banyak manfaat, utamanya peningkatan kinerja Kader, Satu sama lain saling berinteraksi, bertukar wawasan, pengetahuan, pengalaman, dan lainnya. admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *