Kades dan Perangkat Desa Tambirejo sedang melaksanakan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih dalam rangka Peringatan Detik- Detik Proklamasi Tahun 2021 di Desa Tambirejo

Tambirejo- Grobogan (17-08-2021). Tujuh puluh enam tahun sudah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tujuh puluh enam tahun lalu NKRI belum terbentuk, masih merupakan kerajaan- kerajaan besar maupun kecil dan tidak berdaulat karena dijajah oleh beberapa bangsa, dari Portugis, Belanda, Inggris dan Jepang. Jiwa nasionalisme dari beberapa kerajaan menyatu dalam wadah Nusantara yang disebut dengan Indonesia dalam Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, disaat itulah lagu Indonesia Raya berkumandang untuk menjadikan Satu  Nusa, Satu Bangsa dan satu Bahasa Indonesia.  Dan pada 17 Agustus 1945 menjadikan titik awal menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan dibacakan Proklamasi Kemerdekaan oleh Bung Karno dan Bung Hatta. Dengan segala pengorbanan jiwa , raga dan harta para pejuang pendahulu kita.

Kini kita sudah tidak lagi memanggul senjata untuk meneteskan darah dan merebut kemerdekaan, kita tinggal menapakkan langkah , membentangkan tangan untuk terus bergerak mengisi kemerdekaan ini, guna terwujudnya cita- cita proklamasi masyarakat adil dan makmur.

Pada tahun ini  meskipun pandemi covid 19 belum  berakhir, Pemerintah Desa Tambirejo tetap melaksanakan peringatan detik – detik proklamasi kemerdekaan, dengan peserta dari Perangkat Desa Tambirejo yang dilakukan dengan  cara sangat sederhana yang bertempat di halaman Balai Desa Tambirejo. Selama dua tahun tidak ada lagi upacara peringatan detik – detik proklamasi kemerdekaan tingkat kecamatan, karena situasi yang belum mengijinkan. Upacara  tingkat nasional maupun daerah pun di ikuti secara virtual, meskipun grafik nasional warga yang terpapar covid 19 semakin melandai. Itu semua dilakukan demi keselamatan warga negara Indonesia, agar tetap dapat mengisi kemerdekaan ini.

Warga masyarakat pun tetap semangat memperingati HUT RI, hal ini dibuktikan warga tetap antusias dengan memasang bendera, umbul- umbul, lampu hias dan lainnya,  meskipun perekonomian warga bisa dikatakan kalang kabut karena  pandemi covid 19. Tapi semua itu tidak menyurutkan  semangat untuk mewujudkan CITA- CITA PROKLAMASI DAN TEGAKNYA NKRI.  DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.