Upacara HUT Pramuka tahun 2018 di Desa Tambirejo

Mungkin kita tak asing lagi dengan kata kata  PRAMUKA, kalau kita ketik di mesin pencari berita di google atau mesin pencari berita lainnya akan banyak muncul judul mengenai pramuka, dari sejarah berdirinya pramuka tujuan gerakan pramuka, dan lain sebagainya, sudah dikupas tuntas dalam berbagai artikel maupun berita.

Pada tanggal 14 Agustus tahun 2018 ini Pramuka Indonesia yang sudah memasuki usia 57 tahun, diperingati dengan tema “ PRAMUKA PEREKAT NKRI “. Telah dilaksanakan berbagai kegiatan untuk memperingati kelahiran Pramuka dari tingkat nasional sampai tingkat paling bawah yaitu gudep( gugus depan) yang berada di sekolah- sekolah.

Di lapangan Desa Tambirejo pada 2018 ini juga dilakukan peringatan HUT Pramuka tingkat Kwartir Ranting Kecamatan Toroh Kab, Grobogan. Rangkaian acara dimulai dari upacara Ulang Janji pada tanggal 13 Agustus 2018 jam 20.00 WIB- s.d jam 21.30. WIB. Dalam upacara tersebut di hadiri semua Pengurus Kwaran dan DKR Toroh, Kamabigus, SD, MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA beserta perwakilan siswa dan seluruh Sekretaris Desa di Kecamatan Toroh. Sebagai Pembina Upacara adalah Kak Edy Suryanto dari Koramil Toroh.

Pada keseokan harinya tanggal 14 Agustus 2018 dilanjutkan Upacara Peringatan HUT Pramuka Tahun 2018. Dalam upaca tersebut dihadiri Perwakilan Pengurus Kwarcab. Grobogan , semua pengurus  Kwaran dan DKR Toroh, Kamabigus, SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA beserta perwakilan siswa dan seluruh Kepala Desa di Kecamatan Toroh. Sebagai Pembina Upacara adalah Kak Abdul Salam dari Sekretaris Kecamatan Toroh. Yang unik disini adalah Kepala Desa Tambirejo Bp. Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos. selaku tuan rumah, juga mengikutsertakan semua Perangkat Desa Tambirejo untuk mengikuti Upacara Pramuka. Semua Perangkat Desa memakai saragam Pramuka lengkap. Dalam wawancara sekilas dengan Bapak Kepala Desa Tambirejo, Beliau menjelaskan bahwa kegiatan  mengikuti Upacara Pramuka sudah sering dilaksanakan oleh Parangkat Desa Tambirejo, pada setiap tahunnya bahkan setahun bisa dua  s.d tiga kali mengikuti kegiatan upacara Pramuka, maka Perangkat Desa Tambirejo mempunyai seragam pramuka lengkap. Selain itu di Desa Tambirejo sering dijadikan sebagai lokasi kegiatan Pramuka baik di Bumi Perkemahan Kala Cakra maupun lapangan Desa Tambirejo. Perlu diketahui bahwa Bumi Perkemahan Kala Cakra berada di wilayah Desa Tambirejo, yang merupakan areal dari Waduk Sanggeh Desa Tambirejo.

Itulah sekilas tentang Peringatan HUT ke 57 Pramuka Indonesia yang dilaksanakan di lapangan Desa Tambirejo oleh Kwaran Toroh, yang diikuti Aparatur Pemerintah Desa dengan seragam lengkapnya yang tentunya selama ini pun Aparatur Pemerintah Desa dalam melaksanakan kewajiban dan tanggungjawabnya sudah seirama dengan tujuan Pramuka itu sendiri. Yaitu untuk Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani;    Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia, dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik, dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa, dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup, dan alam lingkungan. Salam Pramuka. Shp

2 thoughts on “PERANGKAT DESA TAMBIREJO BERPRAMUKA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *