Tambirejo-Grobogan ( 12-11-2020). Bertepatan dengan hari Kesehatan Nasional Tahun 2020, Puskesmas Toroh 1, mengadakan Mini Lokakarya  Lintas Sektoral Puskesmas Toroh 1. Acara tersebut bertempat di aula Dejabu Coffe Purwodadi yang dihadiri oleh Kepala Desa sebesar wilayah Puskesmas Toroh 1, Perwakilan Bidan Desa dan stake holder Puskesmas Toroh 1. Acara dibuka oleh Plt. Camat Toroh Drs. Hasan Anwar, MM.yang sehari hari menjabat sebagai Camat Pemasangan.

Dalam sambutannya Plt . Camat Toroh menyampaikan bahwa kesehatan merupakan hal utama yang dibutuhkan setiap manusia.  Dan masalah kesehatan bukan tugas dan tanggung jawab Dinas Kesehatan saja,  namun merupakan tugas dan tanggung jawab setiap ndividu. Pemerintah Desa merupakan  ujung tombak yang paling bawah, karena pemerintah desalah yang bersinggungan langsung dengan warga. Saat ini desa  – desa telah digelontorkan dana desa yang bisa digunakan untuk sub bidang kesehatan.  Jadi desa lebih leluasa untuk mengatasi masalah kesehatan yang ada di desa.

Dari Puskesmas Toroh 1 disampaikan evaluasi Standart  Pelayanan Minimal (SPM)  s.d. bulan Oktober 2020, yang pada triwulan 3 ini harus 83 , 3 %  namun rata rata belum tercapai dari beberapa indikator SPM.

Dr. Wiwik Wibawa selaku Kepala Puskesmas Toroh 1, menyampaikan bahwa untuk  tahun anggaran 2921 ada beberapa kegiatan yang ada di desa yang tidak bisa dibiayai oleh puskesmas,  maka desa harus menganggarkan dana untuk kegiatan tersebut.

Dr. Asrifatin menyampaikan rencana imunisasi Covid 19 yang akan dilakukan tahun 2020. Yang sasaran awal usia 18 sd. 59 th. Terutama yang bekerja berhubungan langsung dengan layanan publik. Kemudian untuk ke masyarakat umum. Vaksin dari produksi Sinovac dan Shinopharma, yang akan dilaksanakan dua kali untik setiap sasaran.  Kegiatan dilakukan oleh tenaga medis yang akan dilaksanakan di Balai Desa dengan standart pencegahan covid 19. Semoga dengan adanya gerakan vaksinasi covid 19 ini pandemi covid 19 segera berlalu.

Acara dilanjutkan dengan diskusi masalah kesehatan yang dipimpin oleh dr. Wiwik Wibawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *