Grobogan – Tambirejo ( 13-04-2019), “ PKK merupakan mitra strategis Pemerintah untuk peningkatan Kesejahteraan Keluarga “  kata Ari Wardhani Puspitanianto. Ya itulah salah satu hal yang disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo Ibu Ari Wardhani Puspitanianto, dalam sambutan Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo. Pada hari ini Sabtu tanggal 13 April 2019 bertempat di balai Desa Tambirejo, mulai pukul 09.00 WIB telah dilaksanakan Rapat Konsultasi Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo Tahun 2019. Dalam acara tersebut dihadiri kurang lebih delapan puluh ( 80 ) orang peserta yang terdiri dari  Kader PKK se Desa Tambirejo, Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo dan Perwakilan Tim Penggerak PKK Kecamatan Toroh.

Kegiatan rapat konsultasi PKK merupakan kegiatan rutin tahunan yang harus dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK, mulai dari tingkat desa sampai dengan tingkat provinsi. Adapun tujuan rapat konsultasi PKK, seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Rakon PKK Desa Tambirejo Ibu Kustinah Sarah, diantaranya adalah :

  • Menyampaikan Program Kerja Tahun 2019;
  • Menjalin tali silahturahim antara Tim Penggerak PKK Desa dan Kader PKK se Desa;
  • Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dan hambatan kegiatan yang ada di desa;
  • Untuk menjalin komunikasi dan koordonasi antara Pembina, anggota Pembina serta jajaran Tim Penggerak PKK Desa dan Kader se Desa.

Anggaran kegiatan rakon PKK diambilkan dari dana Kegiatan PKK Desa yang telah dianggarkan dalam APBDes Tahun 2019.

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  • PKK sebagai wadah pemberdayaan sudah diakui secara nasional untuk menjadikan mitra Pemerintah dalam memberdayakan masyarakat demi meningkatkan kesejahteraan keluarga.
  • Kemampuan dari segenap kader yang ada di seluruh pelosok pedesaan mempunyai andil besar untuk membantu pemerintah yang telah disenergikan dengan 10 Program Pokok PKK, contoh kegiatan yang telah dilaksanakan di antaranya adalah :
    1. Penanggulangan KDRT
    2. Perhatian terhadap lansia, balita dan remaja
    3. Kelompok UP2K
    4. Hatinya PKK
    5. Gerakan memasyarakatkan makan ikan ( Gemarikan ),
    6. Posyandu, LBS, PHBS, KB Kesehatan, Kampung KB

Dalam rapat konsultasi tersebut setiap kelompok kerja ( Pokja ) PKK menyampaikan program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2019. Program kerja PKK per Pokja tersebut dilaksanakan dengan anggaran bersumber dari APBDes dan juga swadaya anggota. Kegiatan PKK selama ini telah dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat. Karena merupakan kegiatan sehari hari yang sudah biasa dilakukan dalam keluarga guna mencapai keluarga sejahtera lahir dan batin. Semoga dengan rakon ini semuanya dapat memberikan manfaat dan membawa kemajuan PKK Desa Tambirejo dengan mendapatkan ridha Allah swt, guna menuju Grobogan Hebat Masyarakat Adil dan Makmur “.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *