Bidan Desa Tambirejo Triyatmi, S.Keb. sedang vaksinasi balita . ( dok. Endang )

Tambirejo- Grobogan (22-08-2020). Masa pandemi covid 19 membuat kalang kabut untuk semua kegiatan yang ada di mayapada ini. Tapi pandemi covid 19 di ciptakan Allah swt tentu ada hikmah yang luar biasa. Diantaranya adalah adanya peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat. Sekarang harus sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker dan jaga jarak dengan sesama manusia. Dengan adanya budaya baru tersebut semua orang harus menyesuaikan agar semua kegiatan dapat berjalan.
Kegiatan yang harus berjalan demi kelangsungan generasi yang akan datang adalah adanya posyandu balita baik yang ada di dusun- dusun atau lingkungan atau posyandu lengkap yang ada di tingkat desa. Posyandu balita bertujuan untuk mengetahui tumbuh kembang balita dan kesehatan balita pada usia bawah lima tahun. Adanya penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan , imunisasi dan kegiatan penyuluhan untuk ibu- ibu yang punya balita. Semua itu dilakukan agar cepat di ketahui bilamana ada hal yang mengakibatkan gejala yang membahayakan pada balita mungkin bisa kurang gizi, gizi buruk atau bahkan stunting bisa segera ditangani.  Di posyandu balita lengkap akan mendapatkan berbagai imunisasi sbb :

  • Usia 0 bulan :  HB 1,BCG dan Polio 1
  • Usia 2 bulan : HB 2 , DPT 1 dan Polio 2
  • Usia 3 bulan : DPT 2 dan Polio 3
  • Usia 4 bulan : DPT 3 dan Polio 4
  • Usia 6 bulan : HB 3
  • Usia 7 bulan : Campak.

Pemerintah Desa dalam menyikapi hal tersebut, bekerja sama dengan Puskesmas lewat PKD dengan bidan desa, tenaga medis lainnya dengan dibantu kader posyandu/ kader PKK Pokja 4 tetap melakukan kegiatan posyandu. Posyandu dilakukan sesuai dengan prosedur protokol Covid 19.

Hj.Triyatmi  S.Keb. selaku bidan desa dibantu dengan Endang Susilowati, S. Kep. sebelum dilaksanakan posyandu membuat jadwal kehadiran untuk peserta posyandu yang berbeda untuk setiap peserta, sehingga pelaksanaan posyandu bisa bergilir. Tidak hanya itu lokasi posyandu juga di sterilkan dengan penyemprotan disinfektan oleh petugas kebersihan desa. Petugas posyandu menggunakan APK, untuk peserta tetap memakai masker dan cuci tangan pakai sabun.

Perlakuan pencegahan Covid 19 benar benar dilakukan oleh peserta maupun petugas. setelah usai posyandu juga dilaksanakan sterilisasi lokasi dengan penyemprotan disinfektan kembali. Semua ini dilakukan agar semua tetap sehat, terlebih untuk balitanya, yang usia tersebut rentan terhadap penyakit. Pemerintah Desa Tambirejo di bawah kepemimpinan Bp. Yakub Raras Puspitanianto,  Sos. dan PKK Desa oleh Ibu Ari Wardhani,  SE, selama ini memang selalu tanggap dan peduli dalam bidang kesehatan. Dengan upaya- upaya yang dilakukan selama  ini berharap agar derajat kesehatan masyarakat Tambirejo meningkat, angka kematian bayi dan ibu diusahakan zero, tak ada gizi buruk apalagi terjadi sunting. Namun usaha dan upaya Pemerintah Desa Tambirejo harus diimbangi dengan kepedulian masyarakat terhadap bidang kesehatan, dan doa kepada Tuhan Yang Maha Memberi, agar tujuan tersebut terwujud. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *