Grobogan, Depok (18/02/2019) – KKN Undip Kabupaten Grobogan merayakan puncak kegiatan pengabdian masyarakat dengan menyelenggarakan expo yang bertempat di Balai Desa Kelurahan Depok, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan. Setelah 42 hari lamanya mengabdikan diri, tim mahasiswa KKN se-kabupaten Grobogan bekerja sama untuk menyukseskan pagelaran atau expo yang bertema “Grobogan Asik – Ajang Seni dan Kreativitas”. Acara expo ini berlangsung pada hari Senin 18 Februari 2019 dari pukul 09.00 wib hingga pukul 17.00 wib, yang dihadiri oleh Tryiono, S.H – Kasi Kesra Kecamatan Toroh, Dr. Agus Subagyo, M.Si – Wakil Direktur Inovasi Undip, Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si – Ketua Komisi III Senat Akademik, Prof. Dr. Retno Saraswati, SH, MHum – Wakil Dekan 1 Fakultas Hukum, Dr. Fuad Muhammad, S.Si, M.Si – Koordinator Dosen KKN Kabupaten Grobogan, Dosen KKN, mahasiswa KKN Undip Tim I Kabupaten Grobogan dan masyarakat umum. Pembukaan acara ini diresmikan oleh Bapak Triyono selaku perwakilan dari Kecamatan Toroh dengan pemotongan pita dan dilanjutkan dengan  mengunjungi stand pameran potensi desa dari kecamatan Toroh, Ngaringan, dan Grobogan. Acara Expo KKN Kabupaten Grobogan berlangsung meriah dan asik karena terdapat hiburan yang seru seperti tema yang diambil yaitu “Ajang Seni dan Kreativitas” dari mahasiswa KKN Undip dan kelompok masyarakat Grobogan, seperti Gamelan Desa Bandungsari dan performa dari Omah Seni.

Terdapat beberapa kegiatan yang diselenggarakan pada acara expo ini, yaitu Lomba mewarnai oleh anak – anak TK dan SD, Donor darah oleh PMI setempat, Stand potensi desa, dan Hiburan serta Pertunjukan seni. Kegiatan lomba mewarnai ini dimenangkan oleh anak yang berasal dari desa Depok. Setelah diumumkannya pemenang untuk kegiatan lomba mewarnai, dilanjutkan dengan kunjungan dan penilaian Stan untuk setiap desa. Stan desa adalah sarana bagi teman – teman mahasiswa KKN untuk memamerkan produk UMKM yang ada di desanya masing – masing atau produk olahan dari mahasiswa KKN. Produk yang disajikan pada stand desa adalah produk olahan pangan seperti nugget, sale, bawang goreng, keripik, jamu, kemudian ada pula minuman kesehatan tradisional yaitu jamu, serta inovasi pestisida menggunakan air beras, dan masih banyak yang lainnya. Stan – stan desa dihias sekreatif mungkin oleh teman – teman KKN dengan tujuan agar terlihat lebih menarik sehingga pengunjung stan tertarik untuk berkunjung. Stan desa favourite diperoleh desa Dimoro dan Tambirejo.

Acara expo yang diadakan sangat meriah, sukses dan berhasil sebagai pelepas penat dan tanda perpisahan yang dihibur dengan adanya pertunjukan seni. Pertunjukan seni diawali oleh penampilan seni tradisional dari Kelompok Gamelan desa Bandungsari, Ngaringan bersama mahasiswi KKN sebagai sindennya. Kemeriahan dan kehangatan semakin terasa ketika penampilan Omah Seni berlangsung. Mahasiswa KKN dan para peserta kegiatan terhanyut dalam suasana kebersamaan dan perpisahan dengan lagu – lagu yang disajikan. Kerja keras dan waktu selama persiapan , konsep, dan penyelenggaraan acara terbayarkan serta tidak sia – sia.  Harapan kami dari seluruh panita yang bertugas kedepannya Kabupaten Grobogan semakin maju dan sukses dengan potensi seni serta desa yang dimiliki.( Nabil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *