Depok- Grobogan (24-02-2021). Puskesmas Toroh 1 menggelar program vaksinasi Covid-19 untuk Aparatur Pemerinah Desa  se Kecamatan Toroh Wilayah Barat,  yang dimulai pada Rabu, jam 08.00 s.d 13.00 WIB. Pada tahap pertama vaksinasi menyasar 118 ( seratus delapan belas ) Aparatur Pemerintah Desa  yang terdiri dari 10 ( sepuluh ) Kepala Desa, 10 ( sepuluh ) Sekretaris Desa dan 98 ( sembilan puluh delapan ) Perangkat Desa.

Dalam kesempatan pertama yang mendapat antrian adalah Kepala Desa Tambirejo,  Y.R. Puspitanianto, S.Sos, bersama Sekretaris Desa Tambirejo, diikuti beberapa Perangkat Desa dari desa lainnya.  Dalam pelayanan vaksinas tersebut terbagi menjadi empat  meja layanan sebagai berikut :

  1. Meja  1 ( Pertama ) Pendaftaran : di meja pendaftaran, sasaran mendaftarkan diri dengan menyerahkan EKTP dan dicatat nomor hand phone yang bisa dihubungi.
  2. Meja  2 ( Kedua ) Pemeriksaan : di meja pemeriksaan sasaran diperiksa tekanan darah, di tanya penyakit yang diderita terutama  selama seminggu terakhir, punya tidaknya riwayat penyakit jantung, obat yang diminum dll. Setelah memenuhi persyaratan untuk menerima vaksin covid 19, baru dipersilahkan ke meja berikutnya. Bila belum memenuhi persyaratan, misalya tekanan darah terlalu tinggi, sasaran dipersilahkan istirahat terlebih dahulu agar tekanan darah kembali normal baru dipersilahkan ke meja berikutnya.
  3. Meja 3 ( Ketiga ) Vaksinasi : di meja ketiga, sasaran mendapatkan suntikan vaksin covid 19 oleh tenaga medis.
  4. Meja 4 ( ke empat ) Observasi : di meja observasi ini sasaran disuruh menunggu selama 30 ( tiga puluh ) menit  untuk menunggu dampak  / gejala yang timbul, bila tak ada gejala yang membahayakan, baru mendapatkan kartu tanda peserta yang telah divaksinas covid 19. Dalam masa menunggu ini kita akan mendapatkan sms melalui nomor hand phone , yang bila dibuka akan muncul Sertifikat  Vaksinasi COVID 19 atas nama sasaran.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid 19 tersebut kita bisa foto bersama ataupun sendiri, karena di sediakan backdrop untuk foto, dan juga bisa foto pada saat disuntik vaksinasi oleh petugas medis. Pada hari ini tadi yang melaksanakan injeksi adalah Mbak Nawang Putu S.Keb, Bidan Desa dari Desa Depok. Selain itu juga disediakan kamar bed rest untuk sasaran yang ada gejala/dampak yang mengkhwatirkan.

“ Injeksi Vaksin COVID 19 ternyata tidak sakit, dan hanya sedikit rasa pegal di lengan, mudah mudahan dengan adanya vaksinasi COVID 19 ini , segera bisa dilaksanakan untuk semua warga Indonesia, sehingga dengan ridha Allah swt, pandemi covid 19 segera berlalu dari maya pada ini “ ujar Kepala Desa Tambirejo setelah usai mendapakan suntikan Covid 19 .

Suntikan vaksin Covid 19 pada hari ini merupakan tahap awal, karena masih ada satu tahapan lagi, dan untuk yang mendapatkan suntikan covid hari ini akan mendapat suntikan kedua pada tanggal 10 Maret 2021 yang akan datang.

Semoga semuanya mendapatkan ridha Allah swt, semua sehat sentosa. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *