Tambirejo-Grobogan (15-03-2020).

“  Guna  mewujudkan masyarakat  Desa Tambirejo yang sejahtera secara utuh menyeluruh harus ada dukungan dari semua stake holder  yang ada salah satunya adalah PKK “ ujar Ari Wardhani Puspitanianto dalam sambutannya di acara Rapat Kosultasi PKK Tahun 2020.

Hari ini minggu bertempat di balai Desa Tambirejo, PKK Desa Tambirejo mengadakan Rakon PKK Tahun 2020. Rakon ini merupakan tindak lanjut dari PKK Kecamatan Toroh yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2020.

Rakon PKK Desa Tambirejo dikuti kurang lebih 90 ( sembilan ) orang peserta yang terdiri dari Tim Penggerak PKK Desa, Kader PKK se Desa Tambirejo dan undangan lainnya.  Dalam acara tersebut Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa Rakon PKK Tahun 2020 di Desa Tambirejo ini dibiayai dari dana operasional PKK yang bersumber dari APBDes Tambirejo Tahun 2020. Adapun rencana materi yang disampaikan adalah sbb :

  1. Hasil rapat konsultasi Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa.
  2. Penggunaan Dana bantuan dari baik dari PADesa maupun ADD.
  3. Penjelasan sekretaris tentang kebijakan dan program kerja sekretaris
  4. Penjelasan dari Pokja I tentang Program Kerja I
  5. Penjelasan dari Pokja II tentang Program Kerja II
  6. Penjelasan dari Pokja III tentang Program Kerja III
  7. Penjelasan dari Pokja IV tentang Program Kerja IV

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo Ibu Ari Wardhani Puspitanianto, menyampaikan beberapa hal terkait tentang PKK sebagai mana berikut :

  1. PKK Desa merupakan salah satu mitra Pemerintah Desa dalam mewujudkan Visi- dan Misi Kepala Desa Tambirejo Tahun 2019-2025, yaitu “Terwujudnya Masyarakat Desa Tambirejo Yang Sejahtera Secara Utuh Dan Menyeluruh” Untuk mewujudkan Visi tersebut dilaksanakan dengan Misi sebagai berikut :
    1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan desa baik (good governance) dan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat.
    2. Mewujudkan Sarana Prasarana Desa Yang Memadai .
    3. Mewujudkan Kehidupan kemasyarakatan yang aman tertib dan nyaman.
    4. Mewujudkan kemandirian perekonomian dan kesejahteraan warga desa.
  2. Kemampuan dari segenap kader yang ada di seluruh pelosok pedesaan mempunyai andil besar untuk Pemerintah Desa, yang bisa disenergikan dengan 10 Program Pokok PKK, contoh kegiatan tersebut di antaranya adalah :
    • Sistem pelaporan online
    • Kearsipan dan keprotokolan
    • Penanggulangan KDRT
    • Perhatian terhadap lansia, balita dan remaja
    • Kelompok UP2K
    • HATINYA PKK
    • Gerakan memasyarakatkan makan ikan ( Gemarikan ), Bank sampah.
    • Posyandu, LBS, PHBS, KB Kesehatan, Kampung KB, IV A Tes.

Sebagian kegiatan tersebut di atas merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh PKK disemua tingkatan, mulai dari desa di tingkat yang paling bawah yaitu kelompok Dasa Wisma.  Desa Tambirejo untuk Tahun 2020 ini mewakili Kecamatan Toroh sebagai desa binaan pertama untuk persiapan mengikuti Lomba Tertib Administrasi dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Tahun 2020, jadi kita harus seia sekata untuk mempersiapkan segalanya.

Kegiatan rakon berjalan dengan lancar sampai akhir acara, Semoga dengan rakon ini semuanya dapat memberikan manfaat dan membawa kemajuan PKK Desa Tambirejo dengan mendapatkan ridha Allah swt.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *