Tambirejo-Grobogan (18-09-2019), sebanyak 45 orang Kader Posyandu Desa Tambirejo pada hari Rabu, 18 September 2019 bertempat di balai Desa Tambirejo kembali mendapatkan penyegaran dari Tim Puskesmas Toroh 1.  Acara refreshing kader posyandu yang diselenggarakan oleh Puskesmas Toroh 1 diisi beberapa materi tentang kesehatan.

Sebelum acara inti dilaksanakan penyambutan oleh Kepala Desa Tambirejo, yang diwakili oleh Sekretaris Desa Tambirejo. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Pemerintah Desa Tambirejo selama ini selalu mensuport kegiatan bidang kesehatan, diantaranya ada bantuan PMT balita, Operasional PKD, Kegiatan Bumil, Posyandu Lansia, uang transport kader, pakai kader. Kalau saat ini sedang boming dengan kegiatan stunting, untuk Desa Tambirejo telah dari dahulu mengalokasikan kegiatan yang tak berbeda dengan stunting. Pemerintah Desa sangat berterima kasih sekali kepada para keder posyandu, karena kader merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan bidang kesehatan di tingkat bawah. Untuk itu ibu ibu kader bisa memberikan masukan kepada Pemerintah Desa untuk kaitan dengan bidang kesehatan. Mudah mudahan semua kader posyandu Desa Tambirejo selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dunia akherat dengan imbalan surga dari Allah swt.

Acara inti disampaikan oleh Tim Puskesmas Toroh, dengan tema materi kembali ke alam /  back to nature.  Kita jangan tergantung dengan obat- obatan kimia, karena apapun bahan kimia tetap berpengarauh pada tubuh kita. Kader Posyandu bisa menjadi contoh bagi warga yang lain untuk kembali menggunakan metode alami dalam penanganan kesehatan. Kita buat TOGA, yaitu Taman Obat Keluarga, lingkungan rumah kita buat taman obat, dengan menanam tanaman obat obatan, seperti jeruk nipis, temu lawak, kunyit, kencur, laos, sirih, sambiroto dan lain- lain.

Untuk pengobatan lainnya bisa menggunakan teknik akupresur. Akupresur adalah metode pengobatan holistik tradisional Tiongkok yang sudah dikenal luas di berbagai belahan dunia. Metode pengobatan klasik ini sudah berusia sekitar 5000 tahun dan telah terbukti memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan. Terapi ini melibatkan tekanan atau pemijatan terukur menggunakan jari atau alat bantu lainnya pada titik tertentu pada tubuh yang memiliki hubungan langsung maupun tidak langsung dengan organ, energi dan emosi serta syaraf tertentu. Meskipun tak setenar akupuntur yang sudah akrab di telinga kita. Namun pijat akupresur juga memiliki khasiat yang tak bisa diremehkan. Banyak jenis penyakit yang bisa ditangani dan sembuh dengan metode sederhana ini.

Pijat akupresur memiliki sejarah panjang dan berhubungan erat dengan metode pengobatan tiongkok kuno lainya seperti pijat refleksi kaki dan akupuntur yang menggunakan jarum sebagai media terapi.

Pijat akupresur mempunyai beberapa manfaat :

  1. Melancarkan peredaran darah
  2. Pijat akupresur sebagai pereda nyeri
  3. Efektif atasi stres
  4. Mempercepat penyembuhan penyakit
  5. Menurunkan ketegangan pada otot
  6. Mendapatkan ketenangan
  7. Meningkatkan gairah dan vitalitas
  8. Meningkatkan kesuburan wanita
  9. Mengatasi keluhan ibu hamil
  10. Melancarkan asi
  11. Mencegah penuaan dini

Untuk merefreshing acara tersebut para kader di ajak melakukan gerakan gerakan ringan oleh nara sumber, sehingga acara berlangsung sampai akhir. Semoga semuanya mendapatkan ridha Allah swt. Aamiin . shp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *