Kepala Desa Tambirejo Y.R. Puspitanianto, S.Sos bersama Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo Ari Wradhani, SE didampingi Petugas dari Puskesmas Toroh 1 sedang melaksanakan pembinaan kelompok bank sampah se Kec. Toroh di aula pertemuan Desa Tambirejo ( dok, Mumun)

Tambirejo-Grobogan (05-09-2020). Mengawali bulan September ini di Desa Tambirejo mendapatkan giliran pertemuan rutin Kelompok Bank Sampah Kec. Toroh. Pertemuan yang dihadiri 19 Kelompok Bank Sampah se kecamatan Toroh di tempatkan di aula Desa Tambirejo. Dari masing masing kelompok hadir 2 orang perwakilan, yang biasanya adalah 5 orang. Namum di masa pandemi covid 19 dibatasi jumlah yang hadir. perwakilan yang hadir tetap menjalankan protokol pencegahan Covid 19, dengan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Pertemuan yang dimulai pukul 09.30. WIB, dibuka oleh Kepala Desa Tambirejo, Yakub Raras Puspitanianto, S. Sos.  dalam sambutannya Kepala Desa Tambirejo menyampaikan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua relawan pengelola Bank Sampah, dan petugas pembina kelompok bank sampah, yang telah berhasil mengelola kelompok bank sampah.
  2. Bank sampah merupakan salah satu solusi untuk menangani permasalahan sampah yang ada selama ini, karena dengan adanya bank sampah bisa menjadi barang yang tak bernilai ekonomis menjadi bernilai ekonomis.
  3. Dengan adanya bank sampah turut menjaga kebersihan lingkungan, karena sampah dipilah satu persatu untuk dijual dan dimanfaatkan yang lebih ekonomis dan tidak dibuang disembarang tempat atau dibakar.
  4. Bank sampah secara langsung memberikan kontribusi pendapatan keluarga yang turut menjadi anggota nya, karena mempunyai tabungan di kelompok, sesuai nilai ekonomi sampah yang dikrim’dan masih banyak lagi manfaat yang lain.

Selain Kepala Desa Tambirejo juga hadir Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo , Ari Wardhani . SE.

“Dengan adanya bank sampah yang terbentuk di desa desa sangatlah membantu Pemerintah Desa dan PKK dalam mengatasi masalah sampah, kami selaku ketua Tim Penggerak PKK berharap banyak kepada ibu ibu semua yang juga merupakan anggota dasa wisma untuk bergabung dalam kelompok bank sampah, sedikit atau banyak kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi kita semua dan demi kelestarian alam kita” ujar Ari Wardhani dalam pembinaan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pembinaan oleh petugas pembina bank sampah dari Puskesmas Toroh 1 yaitu Ibu Siti Munawaroh , atau yang lebih familiar dengan sebutan Mbak Mumun. Mbak Minum ini awalnya lah yang memotivasi ibu ibu di desa desa Kecamatan Toroh untuk membentuk kelompok bank sampah’ membimbing administrasi  sampai memfasilitasi mencarikan pembeli sampah yang telah dipilah menurut jenisnya. Direktur Bank Sampah Kabupaten Grobogan Ibu Sri Pratiwi, SE juga pernah hadir di salah satu bank sampah di Desa Tambirejo, yang dikelola ibu ibu anggota PKK Desa Tambirejo. Semoga denga adanya pembinaan rutin kelompok bank sampah tersebut bisa menambah semangat ibu ibu anggota bank sampah agar lebih giat lagi, yang muaranya adalah demi menjaga kelestarian lingkungan hidup dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *