Ketua kelompok bank sampah “Berkah Indah ” Ibu Rini Mustofa sedang menjelaskan kegiatan bank sampah kepada tamu dari Tim Penggerak PKK Desa Ngraji

Tambirejo- Grobogan (25-09-2020) . Keberadaan bank sampah Desa Tambirejo ternyata mendapatkan perhatian dari kecamatan lain,  hal ini dibuktikan dengan adanya kunjungan dari Puskesmas Purwodadi dan Tim Penggerak PKK Desa Ngraji  Kecamatan Purwodadi.  Kunjungan di terima langsung oleh ketua bank sampah Berkah Indah Ibu Rini Mustofa di dampingi Ibu Siti Munawaroh dari petugas kesehatan lingkungan Puskesmas Toroh 1.

Dalam acara kunjungan tersebut Ibu Rini Mustofa  selaku Ketua  Kelompok Bank Sampah  Berkah Indah  Dusun Tambirejo  menjelaskan satu persatu masalah kegiatan bank sampah tersebut.

“  Bank sampah Desa Tambirejo ada tiga kelompok bank sampah yaitu di Dusun Tambirejo dengan nama Berkah Indah, Dusun Pucang Utara dengan nama  Ngudi Berkah dan dari Dusun Pucang Selatan dengan nama Muda Karya. Sedangkan jumlah penabung dari ketiga kelompok tersebut ada 104 keluarga dengan kegiatan lelang bank sampah setiap tanggal  bulan jatuh pada tanggal 25”, ujar Rini Mustofa

Ibu Siti Munawaroh menambahkan penjelasan bahwa kegiatan bank sampah di Kecamatan Toroh setiap periode juga melaksanakan kegiatan temu Kelompok Bank Sampah se Kecamatan Toroh, dan pada bulan ini pertemuan telah dilaksanakan di Desa Tambirejo. Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri  oleh Pembina PKK Desa Tambirejo Bapak Yakub Raras Puspitanianto, S.Sos. dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tambirejo Ibu Ari Wardhani, SE.  Dalam acara temu kelompok tersebut Pembina PKK dan ketua Tim Penggerak PKK memberikan pembinaan dan apresiasi dengan keberadan bank sampah yang bisa menjadikan solusi salah satu penyelesaian masalah sampah yang sekaligus bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

Tim dari Purwodadi  tidak hanya mengunjungi kegiatan kelompok bank sampah, namun juga singgah sejenak di Sekretariat PKK Desa Tambirejo.  Di kantor Sekretariat PKK Desa Tambirejo ditemui sejenak oleh Kepala Desa bersama Sekdes Tambirejo. Pokja 3 Tim Penggerak PKK Desa Ngraji bersama Bidan Desa Ngraji mencermati beberapa data dinding yang ada di Sekretariat PKK, sebagai bahan pembanding dengan data yang ada di Sekretariat PKK Desa Ngraji. Yang mana saat ini Desa Ngraji merupakan desa binaan untuk maju mewakili Kecamatan Purwodadi dalam Lomba Evaluasi 10 Program PKK tingkat Kabupaten tahun 2020, bersama 18 desa dari kecamatan se Kabupaten Grobogan.

Tim Penggerak PKK Desa Ngraji di Sekretariat PKK Desa Tambirejo

Bidan Desa Ngraji Ibu Sunarti, S.Keb. bersama Tim menanyakan beberapa data dinding kegiatan PKK yang perlu penjelasan, karena tidak ada anggota Tim Penggerak PKK yang di Sekretariat, maka dijelaskan secara singkat oleh Sekdes Tambirejo yang saat itu ada di ruangan.  Karena hari Jum’at maka kunjungan tidak bisa sampai siang, dan tamu mengajukan pamit undur diri dan mengucapkan terima kasih atas penjelasan tadi.  Semoga semua kegiatan tersebut dapat menambah semangat kelompok bank sampah Desa Tambirejo dan dapat dijadikan tukar ilmu dan pengalaman antara tuan rumah dan tamu yang mengunjungi , semoga mendapatkan ridha Allah, Swt. aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *